Rahasia dalam sebuah nama

Pada sebuah malam, ketika itu lokasi kami duduk tidak jauh dari Gunung Anak Krakatau. Api unggun dan suara gitar menemai malam kami. Kemudian minuman tiba, saya memilih kopi hitam panas malam itu.

Kepada kopi hitam panas ini menjadi teman obrolan antara saya dengan salah satu peserta trip, (mungkin) beliau peserta paling tua. Bapak ini bercerita tentang detik terakhir Mbah Marijan yang terkenal dengan Gunung Merapi Jogja. Obrolan menjadi menarik ketika bapak tersebut menerka-nerka asal berdasarkan nama saya. Cukup menebak dua kali dan bapak itu benar menebak jika saya berasal dari Minangkabau.

Selanjutnya beliau membahas arti nama saya. Saya sedikit menghindar, bukan karena tidak bangga dengan arti nama saya, namun pikir saya malam itu cukuplah kami dengan hahahihi saja dan tidak perlu yang membahas hal personal. Saya jawab jika arti nama saya adalah hak prerogatif bapak saya dan beliau bebas menterjemahkannya.. sambil hahahihi.

Bapak lawan ngobrol saya ini kemudian menebak jika nama saya adalah sebuah singkatan.

loh! tebakannya jitu.

***

Jika nama yang unik berkaitan dengan masyarakat Minangkabau, memang biasanya adalah sebuah singkatan. Entah singkatan nama orangtua, atau doa.

Aldila adalah Alhamduliah dia lahir.

Aldino bisa jadi Alhamdulillah dia nongol.

Alse mungkin berati Alhamdulillah selamat.

Reuke Labila mempunyai arti Reuni Keluarga Lapan Sembilan, ketika itu semua keluarga komplit kumpul ketika ybs lahir ke dunia.

Tante saya bernama Fidrialis, kelahiran beliau menandakan ketika itu Pak Karno menerapkanĀ  Republik Indonesia Serikat. Federal.

Ada banyak cerita dari nama unik orang Minangkabau.

***

Api masih berkobar, alunan gitar makin syahdu, danĀ  kopi saya sudah tinggal ampas. Bapak lawan ngobrol saya sudah mengantuk. Besok kami harus berangkat pagi untuk menjenguk Gunung Anak Krakatau.